Membedakan Galvanis dan Zincalume

Beberapa tahun terakhir (2004-2011), dengan terobosan terkini pelapisan baja ZINCALUME®, telah berdampak besar bagi market share pengguna Galvanis. Dikarenakan ketahanan karat/korosi dari ZINCALUME® yang mencapai 4 kali lipat dibanding besi lapis Galvanis.

Dipasaran baja ringan dan genteng metal, banyak produsen yang mengaku menggunakan ZINCALUME® dikarenakan harga Galvanis yang lebih murah, tetapi yang digunakan adalah bahan Galvanis, untuk itu kami ingin berbagi kiat-kiat membedakan bahan Galvanis dan ZINCALUME® agar konsumen khususnya pemilik bangunan tidak salah dalam memilih bahan baku.

Perbandingan setelah 6 tahun pemakaian
Real world test after 6 years

Definisi

Galvanisasi:  proses menerapkan lapisan seng pelindung untuk baja, untuk mencegah korosi galvanik berkarat dan. Istilah ini berasal dari nama ilmuwan Italia Luigi Galvani.

Meskipun galvanisasi dapat dilakukan dengan elektrokimia dan proses elektrodeposisi, metode yang paling umum digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi, dimana bagian-bagian baja yang terendam dalam bak seng cair.

Proses galvanisasi telah berjalan sejak abad ke 19, dan dipatenkan di Paris oleh Stanislas Sorel pada tahun 1837.

Meskipun telah dilakukan proses pelapisan untuk melindungi bajanya, pada tempo 1 tahun biasanya akan tetap berkarat.

ZINCALUME®: adalah merek dagang BLUESCOPE STEEL Ltd. Produsen baja lapis terbesar di dunia. ZINCALUME® adalah baja lapis Zinc dan Aluminium yang digunakan untuk melindungi baja tersebut. Sifat Zinc yang keras dikombinasikan dengan aluminium yang tahan karat, menjadikan kombinasi dari kedua bahan tersebut kuat dan tahan karat dibandingkan dengan Galvanis yang sudah “out-of-date”.

Bagaimana membedakan Rangka baja ringan Galvanis vs Rangka baja ringan ZINCALUME®?

1. Spangle (permukaan)

Spangle Galvanis
Spangle Galvanis
Spangle Zincalume
Spangle ZINCALUME®

Diatas dapat dilihat perbedaan diantara kedua spangle tersebut. Pada baja ringan perbedaan ini dapat dilihat dengan mata telanjang. Tetapi pada genteng metal, produsen yang menggunakan galvanis cenderung menutupinya dengan mengecat belakang dari genteng metal tersebut.

2. Produsen ZINCALUME® satu-satunya di dunia adalah Bluescope Steel Ltd.,  periksa branding pada setiap batang baja ringan dan lembar genteng metal yang anda terima. Pastikan tertera TANGGUH Bluescope Steel Indonesia. Pada produk TASO tertera juga SiMantap dan SNI 4096-2007.

TASO Asli
TASO Asli, Produksi PT. Tatalogam Lestari, menggunakan bahan Zincalume

Kami berharap dengan artikel ini, dapat menambah wawasan, kontraktor, aplikator dan pemilik bangunan untuk dasar dalam memilih material bahan bangunan.

Untuk mendapatkan Rangka baja ringan dan Genteng metal Zincalume, pastikan produk anda produksi dari PT. Tatalogam Lestari

Authorized Reseller kami di seluruh Indonesia

With a lifetime of up to four times that of ordinary galvanised steel, ZINCALUME® steel delivers outstanding durability.www.zincalume.com.au

Seluruh isi dari artikel ini merupakan hak cipta dari PT. Tatalogam Lestari, dilarang mengedarkan, menyalin dan menyebarluaskan artikel ini tanpa sepengetahuan penulis.

21 Replies to “Membedakan Galvanis dan Zincalume”

  1. saya merencananakan akan membangun gudang ukuran 16 x 8 meter, perlu rangka atap baja ringan, dan atapnya superharflex ukuran 210 x 108/0.6 (berat per lembar 30 kg), mohon saran berapa biaya, lama pengerjaannya, packing utk pengiriman ke luar P Jawa.

    1. Pak Zulkifli,
      luar jawanya daerah mana ya? mungkin bisa kontak distributor/toko daerah setempat. Kalau ada gambar desainnya lebih baik, jadi bisa kami kalkulasi dahulu
      thanks

  2. Saya berniat mengganti atap rumah sy dengan atap baja ringan. luas atap keseluruhan +/- 110 m2, kira2 berapa budget yang harus saya sediakan termasuk biaya lainnya (upah+bahan2 selain baja tsb diatas). Dan berapa lama kira2 pengerjaannya karena sy msh tinggal di rumah ini. Apk sy msh bs tinggal dlm rumah sy ini selama masa pengerjaan ? (rumah sy 2 lantai)

    Tks
    Mieke

    1. Pak Mieke,

      Pengerjaan untuk luas 110 m2, adalah sekitar 1-2 minggu tergantung dari faktor cuaca dan lainnya. Masih bisa ditinggali, pada waktu pengerjaan pemasangan kami akan menggunakan terpal.
      Untuk harga dapat menghubungi Authorized Reseller kami terdekat

  3. Saya mendapat informasi bahwa zincalume sangat rentan terhadap karat bila bersentuhan dengan semen, apa betul?
    Lalu saya mendapat informasi bahwa umur lapisan anti karat zincalume atau galvanis tergantung dari ketebalan nya. Berapa ketebalan lapisan yg dimiliki oleh Taso dan si Mantap?

    Mohon informasinya, terima kasih.

    1. Pak Rendi,

      1. Informasi bahwa zincalume rentan terhadap semen adalah kurang tepat, zincalume rentan terhadap semen basah. Dalam konteks ini zincalume yang digunakan oleh PT. Tatalogam Lestari adalah untuk atap dan struktur baja ringan, dimana kedua produk ini hampir tidak pernah bersentuhan/terendam langsung dengan semen basah.

      2. Lapisan AZ yang digunakan untuk produk Taso adalah AZ100, dan Multiroof adalah AZ150, kami merupakan pionir yang menggunakan lapisan AZ100 untuk baja ringan, dimana dahulu hanya menggunakan AZ50 – AZ75. Saat ini beberapa produsen/fabrikator baja ringan zincalume masih menggunakan AZ75 untuk menekan biaya.

    2. Lapisan yang benar sesuai Standar ASTM/Amerika:

      Galvalum/Zincalum/AZ minimal 150gr/mr
      Galvaniz minimal 180gr/m2

      Apabilah dibawah angka tersebut maka sebenarnya tidak sesuai standar yang ada ASTM, kenapa bisa beredar bebas?karena belum ada peraturannya di Indonesia.

      Apabila sama-sama sesuai standar maka masa pakai dan ketahan sama.

      Zincalum/Galvalum/AZ memang tidak tahan terhadap adukan air semen/terkorosi, pada setiap bangunan pada nok/kerpusan pada umumnya akan di isi oleh adukan semen

  4. saya mengajukan pemasangan atap baja ringan ke pada seorang kontraktor setelah mengajukan harga penwaran , kontraktor memberikan gbr rencana atap dia menghitung luas atap panjang kali lebar bangunan, yang saya tanyakan penghitungan atap (panjang x lebar bangunanx1.5) atau luas bidang miring atap. apa yg dimaksudkan dengan sistim opname?tk atas jawabanya

  5. Kami tertarik dengan produk Bapak dan berniat untuk memasarkannya. Kami punya kantor distribusi di Kembang Jepun dan kami punya banyak koneksi ke toko-toko bangunan baik di Surabaya maupun luar kota/pulau. Apa syarat2 kami untuk menjadi distributor produk Bapak ? Demikian surat perkenalan dari kami. Kami tunggu response-nya secepatnya. Terima kasih

  6. Mohon info untuk keaslian produk TASO dati PT Tata Logam

    Beberapa waktu yang lalu saya mengadakan kontrak pembelian berikut pemasangan rangka atap baja ringan zincalum merk TASO dan mereka memberikan saya sample potongan matrial zincalum merk TASO. Ketika matrial datang saya mendapati bahwa keseluruhan tidak tertera marking TASO si Mantap Tangguh. Pada matrial hanya tertera marking C75-75 ISO 9001:2000 SNI 4096-2007.
    Ketika saya tanyakan tentang ciri2 TASO seperti artikel di atas dan seperti contoh potongan yang diberikan dulu, mereka bilang bahwa dari pabrik pada saat itu mesin cetak markingnya sedang rusak, jadi tidak tertera seperti biasanya.
    Apakah memang betul pada saat periode tertentu dari PT Tata Logam mengeluarkan produk tersebut.
    Mohon penjelasan. Terima kasih

    1. Dear Bapak Anang Yth,

      Kami mohon maaf atas ketidak nyamanan ini.
      Apabila memungkinkan, mohon di informasikan tempat membeli TASO dan tanggal pembelian sehingga kami dapat melakukan proses trace back.

  7. Pak saya mau bikin atap baja ringan,,,luas atapnya kira2 luas 10mtr, panjang 15mtr.

    mohon perkiraan harganya ya pak.

  8. Saya aplikator rangka atap baja ringan di Palembang, kebetulan saya juga seorang teknik sipil. Saya selalu menggunakan produk PT. Tata Logam Lestari yang sdh jelas berstandar SNI. Tetapi saya bingung soal Data Teknis produk rangka atap seperti C dan rengnya, agar lebih jelas dan lebih percaya diri dalam pengaplikasian dilapangan, juga untuk memenuhi keingintahuan owner untuk bersaing dengan produk lain….
    Mohon infonya pak…Trims

  9. Mohon infonya Pak..kalau atapnya menggunakan “Sakura Roof” 2×4, apakah sudah cukup type baja ringan yg digunakan adl type Taso (TS) C75.65?
    Terima Kasih

  10. Wah sayang sekali tidak ada distributor & resellernya di wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung. Bagaimana saya bisa mendapatkannya, Pak?

    1. Pak Piko,

      Untuk wilayah Bandung dan sekitarnya produk kami bisa didapatkan di:

      BANDUNG
      Jl Soekarno Hatta No 588
      Bandung
      Tel. (022) 7500497, (022) 7500498

      Terima kasih

  11. Mohon petunjuk Bapak.
    Apakah di Indonesia ada genteng metal(selain seng) yang tidak memakai proses pelapisan, kalau ada, genteng metal itu termasuk jenis apa?

  12. Pak, saya sering jumpai produk simantap ada beberapa tipe, ada yang Sakura Truss, ada yang Taso dan ada yang Taso TS,
    Apa perbedaan dari variant tersebut dan apa kelebihan dan kekurangannya..
    Terima kasih pak.
    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *