Membedakan Galvanis dan Zincalume

Beberapa tahun terakhir (2004-2011), dengan terobosan terkini pelapisan baja ZINCALUME®, telah berdampak besar bagi market share pengguna Galvanis. Dikarenakan ketahanan karat/korosi dari ZINCALUME® yang mencapai 4 kali lipat dibanding besi lapis Galvanis.

Dipasaran baja ringan dan genteng metal, banyak produsen yang mengaku menggunakan ZINCALUME® dikarenakan harga Galvanis yang lebih murah, tetapi yang digunakan adalah bahan Galvanis, untuk itu kami ingin berbagi kiat-kiat membedakan bahan Galvanis dan ZINCALUME® agar konsumen khususnya pemilik bangunan tidak salah dalam memilih bahan baku.

Perbandingan setelah 6 tahun pemakaian
Real world test after 6 years

Definisi

Galvanisasi:  proses menerapkan lapisan seng pelindung untuk baja, untuk mencegah korosi galvanik berkarat dan. Istilah ini berasal dari nama ilmuwan Italia Luigi Galvani.

Meskipun galvanisasi dapat dilakukan dengan elektrokimia dan proses elektrodeposisi, metode yang paling umum digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi, dimana bagian-bagian baja yang terendam dalam bak seng cair.

Proses galvanisasi telah berjalan sejak abad ke 19, dan dipatenkan di Paris oleh Stanislas Sorel pada tahun 1837.

Meskipun telah dilakukan proses pelapisan untuk melindungi bajanya, pada tempo 1 tahun biasanya akan tetap berkarat.

ZINCALUME®: adalah merek dagang BLUESCOPE STEEL Ltd. Produsen baja lapis terbesar di dunia. ZINCALUME® adalah baja lapis Zinc dan Aluminium yang digunakan untuk melindungi baja tersebut. Sifat Zinc yang keras dikombinasikan dengan aluminium yang tahan karat, menjadikan kombinasi dari kedua bahan tersebut kuat dan tahan karat dibandingkan dengan Galvanis yang sudah “out-of-date”.

Bagaimana membedakan Rangka baja ringan Galvanis vs Rangka baja ringan ZINCALUME®?

1. Spangle (permukaan)

Spangle Galvanis
Spangle Galvanis
Spangle Zincalume
Spangle ZINCALUME®

Diatas dapat dilihat perbedaan diantara kedua spangle tersebut. Pada baja ringan perbedaan ini dapat dilihat dengan mata telanjang. Tetapi pada genteng metal, produsen yang menggunakan galvanis cenderung menutupinya dengan mengecat belakang dari genteng metal tersebut.

2. Produsen ZINCALUME® satu-satunya di dunia adalah Bluescope Steel Ltd.,  periksa branding pada setiap batang baja ringan dan lembar genteng metal yang anda terima. Pastikan tertera TANGGUH Bluescope Steel Indonesia. Pada produk TASO tertera juga SiMantap dan SNI 4096-2007.

TASO Asli
TASO Asli, Produksi PT. Tatalogam Lestari, menggunakan bahan Zincalume

Kami berharap dengan artikel ini, dapat menambah wawasan, kontraktor, aplikator dan pemilik bangunan untuk dasar dalam memilih material bahan bangunan.

Untuk mendapatkan Rangka baja ringan dan Genteng metal Zincalume, pastikan produk anda produksi dari PT. Tatalogam Lestari

Authorized Reseller kami di seluruh Indonesia

With a lifetime of up to four times that of ordinary galvanised steel, ZINCALUME® steel delivers outstanding durability.www.zincalume.com.au

Seluruh isi dari artikel ini merupakan hak cipta dari PT. Tatalogam Lestari, dilarang mengedarkan, menyalin dan menyebarluaskan artikel ini tanpa sepengetahuan penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.