Baja Ringan dan Kayu

Untitled

KAYU VS BAJA RINGAN. Mana yang lebih efisien?

Saat ini penggunaan baja ringan sebagai material atau bahan bangunan pengganti kayu sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat Indonesia. Berbagai kelebihan baja ringan dibanding bahan kayu telah dikenal luas oleh masyarakat sehingga hampir seluruh bangunan modern yang dibangun saat ini memilih baja ringan sebagai material rangka atapnya.

Michael Setyono, Retail Manager PT Tatalogam Lestari mengungkapkan bahwa baja ringan kini tidak hanya dipilih oleh konsumen kalangan industri untuk keperluan pembangunan pabrik, gudang atau perkantoran. Rangka atap baja ringan atau disebut juga ‘Truss’ kini telah akrab dengan konsumen rumah tangga untuk keperluan bangunan rumah tinggal.

Lebih lanjut Michael membeberkan beberapa kelebihan baja ringan dibanding kayu, diantaranya; secara teknis, pemakaian bahan baja ringan sangat efisien. Hal ini dikarenakan tingkat akurasi ukuran – Dimensi Profil yang sangat tinggi sehingga mudah dihitung, dipotong, dirangkai dan pasang. Baja ringan juga lebih awet karena tahan serangan rayap. Kuat, tidak melendut dan bahannya yang ringan membuatnya tidak membebani konstruksi.

Keberadaan kayu makin sulit dijumpai di Indonesia, atas dasar fenomena global dan support Program pemerintah dalam pencegahan Illegal Logging, maka Baja Ringan menjadi substitusi yang sangat tepat menggantikan bahan kayu sebagai bahan kuda-kuda kayu dan konstruksi derivative lainnya” tambah Michael Setyono. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan baja ringan sebagai rangka atap yang aman adalah; pemilihan produk yang tepat serta pemasangan yang baik dan benar. Kualitas bahan baja ringan, perhitungan struktur dan teknik  perakitan maupun pemasangan, sangat berpengaruh terhadap daya tahan rangka atap terhadap beban yang ditanggungnya.

Saat ini banyak merek baja ringan batangan di pasaran.

Dengan berbagai rayuan merek-merek ini berusaha menjadi pilihan konsumen. Kebanyakan mereka menawarkan harga murah sebagai kelebihan produknya. Hendaknya konsumen menyadari untuk tidak menjadikan harga murah sebagai dasar pertimbangan pembelian sebuah produk. Pilihlah baja ringan yang telah terbukti berkualitas dan telah mendapat sertifikasi dari lembaga-lembaga terpercaya.

“Perusahaan kami, PT Tatalogam Lestari memproduksi TASO yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan produk lainnya. 

Kami telah mengantongi Sertifikasi Standard Nasional Indonesia,” lanjut Michael. Bahan baku dipasok oleh PT Nippon Steel BlueScope (produsen ZACS) yang telah dikenal memiliki proses pelapisan zincalume termodern di dunia sehingga bahan baku dengan lapisan yang akurat sesuai spesifikasi yang disyaratkan. TASO juga memberikan jaminan dan layanan purna jual maksimal disamping menjamin ketersediaan barang (kontinuitas) dan variasi barang sesuai kebutuhan konsumen.

Dengan kata lain, konsumen yang memilih TASO berarti telah memiliki salah satu faktor penting bagi keamanan bangunannya.

Hal selanjutnya adalah perakitan dan pemasangan. Diperlukan tukang atau teknisi terlatih untuk menghasilkan rangkaian kuda-kuda yang aman.

Pentingnya pemasangan yang baik dan benar, membuat PT TATALOGAM LESTARI selain menjual produk secara retail/batangan, juga menyediakan jasa pemasangan rangka atap. Jaminan kekuatan konstruksi, perhitungan struktur menggunakan software canggih, komitmen bahan sesuai kontrak penawaran menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih memercayakan PT TATALOGAM LESTARI sebagi aplikator rangka atap bangunannya.

“Kepercayaan sangatlah penting.

Banyak aplikator ‘nakal’ mencampur TASO dengan merek lainnya (di oplos ) sehingga membuat harga terlihat murah. Selain itu, dari sisi teknis aplikator yang tidak bertanggung jawab biasanya memasang kuda-kuda dengan jarak renggang melebihi jarak standar sehingga lebih menghemat bahan untuk mendapat untung lebih besar. Hal-hal ini tentu berimbas pada aspek keamanannya yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” kata Michael menjelaskan pentingnya memercayakan pemasangan kuda-kuda baja ringan pada aplikator yang kredibel.

Dari paparan di atas jelas bahwa keunggulan baja ringan di banding kayu telah terbukti dan dikenal oleh masyarakat luas. Namun kelebihan tersebut harus didukung oleh bahan baku yang berkualitas, perhitungan struktur yang akurat dan proses pemasangan yang baik dan benar sehingga menghasilkan rangka atap yang aman dan nyaman bagi pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *